Jajaki Peluang Kerja Sama Bidang Pertahanan dan Militer, Wakil PM Kongo Undang Prabowo

Avatar photo

- Pewarta

Jumat, 12 Mei 2023 - 11:18 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dan Wakil Perdana Menteri merangkap Menteri Pertahanan Republik Demokratik Kongo Jean-Pierre Bemba. (Dok. Kemhan.go.id)

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dan Wakil Perdana Menteri merangkap Menteri Pertahanan Republik Demokratik Kongo Jean-Pierre Bemba. (Dok. Kemhan.go.id)

HALLOUP.COM – Wakil Perdana Menteri merangkap Menteri Pertahanan Republik Demokratik Kongo Jean-Pierre Bemba Gombo mengundang Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto berkunjung ke Kongo untuk menjajaki peluang kerja sama bidang pertahanan dan militer.

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 087815557788.

“Kami sangat senang menyambut Anda dan jajaran Anda di Kongo untuk menjajaki peluang kerja sama militer, termasuk di antaranya pertukaran prajurit, kadet, dan penting bagi industri pertahanan kami mempelajari pencapaian yang telah diraih Indonesia,” kata Jean-Pierre Bemba kepada Prabowo saat jumpa pers di Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Kamis 11** Mei 2023.

Bemba dan Prabowo sepakat menjalin kerja sama bidang pertahanan dan militer setelah keduanya menandatangani surat komitmen kerja sama (letter of intent) di Aula Bhinneka Tunggal Ika, Kementerian Pertahanan RI, Jakarta.

Dalam pertemuan antara dua menteri pertahanan itu, Bemba menyampaikan keinginan pemerintahnya menjalin kerja sama pertahanan, termasuk di antaranya pertukaran prajurit, pendidikan para taruna dan perwira, serta pembelian beberapa pesawat dan alutsista buatan Indonesia.

“Kami ingin mengirim kadet-kadet kami (belajar) di akademi militer di sini (Indonesia, red) dan kami membahas bagaimana pasukan khusus kami juga dikirim untuk dilatih di sini,” kata Menhan Kongo.

Baca artikel menarik lainnya di sini: PKB Tunggu Prabowo Subianto dan Gus Muhaimin Umumkan Pasangan Calon Presiden dan Calon Wapres

Prabowo Subianto menyambut baik permintaan Pierre Bemba, seraya mengatakan Indonesia akan menerima taruna, perwira, dan prajurit-prajurit muda Kongo untuk belajar di akademi-akademi militer Indonesia dan di Universitas Pertahanan RI.

Mengenai pertukaran prajurit untuk latihan, Menhan RI menyampaikan Indonesia juga terbuka dan menyambut baik keinginan Kongo itu.

Prabowo menyampaikan Indonesia juga bersedia mengirim Mobile Training Team (MTT) ke Kongo untuk berlatih bersama prajurit di sana.

“Kami sangat bersedia jika anda ingin mengirim prajurit ke sini untuk berlatih di sini, dan kami pun bersedia mengirim Mobile Training Team kami ke Kongo untuk berlatih di sana,” katanya kepada Menhan Kongo.

Mengenai waktu pelaksanaan pertukaran prajurit itu, Prabowo dan Bemba sepakat kerja sama itu perlu ditindaklanjuti secepatnya.

“Kami baru saja memulai ini dan kami ingin menindaklanjuti kerja sama ini secepat mungkin,” kata Prabowo menjawab pertanyaan ANTARA.

“Kami memulai kerja sama itu hari ini,” kata Menhan Kongo yang ikut menjawab pertanyaan soal tindak lanjut kerja sama.

Prabowo menyebut Indonesia tentunya terbuka apabila Kongo langsung mengirim prajuritnya atau kadetnya bulan depan.

“Kami harus bergerak cepat karena kerja sama dengan Kongo punya peran yang strategis dalam menjaga hubungan Indonesia dan Afrika,” kata Prabowo.

Wakil Perdana Menteri Kongo yang juga merangkap Menteri Pertahanan Jean-Pierre Bemba Gombo untuk pertama kalinya berkunjung ke Indonesia setelah dia resmi menjabat pada Maret 2023.***

Portal berita ini menerima konten video dengan durasi maksimal 30 detik (ukuran dan format video untuk plaftform Youtube atau Dailymotion) dengan teks narasi maksimal 15 paragraf. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Berita Terkait

Kompetensi CPMI Welder Ditingkatkan oleh BNSP di Batam untuk Industri Korea Selatan, Kualitas yang Terbukti
Prabowo Subianto dan Raja Yordania Bahas Bantuan Kemanusiaan dan Perlindungan untuk Gaza
Ini Jawaban Presiden Jokowi Soal Resuffle Kabinet Terkait Pertemuan dengan Seĵumlah Ketum Partai Politik
Subagyo HS Sebut Kualitas Mas Bowo Sudah Teruji, Prabowo Subianto Dapat Ucapan Selamat dari Seniornya
Kejagung Periksa Mantan Vice Presdir PT Merril Lynch Indonesia dalam Kasus Penerbitan IUP Kutai Barat
Program Indonesia Kompeten 2024: Tantangan dan Solusi
Prabowo Subianto Terima Penganugerahan ‘Zayed Medal’ dari Syekh Mohamed bin Zayed Al Nahyan
KPK Tahan Mantan Direktur PTPN XI Mochamad Cholidi, Kasus Korupsi Pengadaan Lahan Hak Guna Usaha
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Rabu, 22 Mei 2024 - 13:41 WIB

Prakonvensi Nasional RSKKNI Bidang Jasa Keuangan: Membangun SDM Profesional dan Berdaya Saing Global

Selasa, 21 Mei 2024 - 14:47 WIB

Produksi Beras Tahun 2024 Dipastikan Surplus di Atas Kebutuhan Konsumsi, Gerakan Percepatan Tanam

Sabtu, 18 Mei 2024 - 16:06 WIB

Pemerintah Tak Wajibkan Kontraktor Gunakan Kontrak Skema Gross Split untuk Tarik Minat Investor Migas

Kamis, 9 Mei 2024 - 09:26 WIB

Terkait Program Makan Siang Gratis, Badan Pangan Nasional Berharap Chef dan Nutrisionis Terlibat

Selasa, 7 Mei 2024 - 10:07 WIB

Menkeu Sri Mulyani Sebut Ekonomi Indonesia Tumbuh Kuat 5,1 Persen di Tengah Tantangan Global

Sabtu, 4 Mei 2024 - 07:12 WIB

Bertemu Menteri Nusrat Ghani, Airlangga Hartarto Minta Inggris Kedepankan Praktik Dagang yang Inklusif

Selasa, 30 April 2024 - 14:39 WIB

Singapura Terbesar, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia Sebut 5 Besar Negara Realisasi Investasi pada Kuartal I 2024

Selasa, 30 April 2024 - 11:53 WIB

14,2 Persen dari Keseluruhan Wholesale Loan, BNI Salurkan Kredit Hijau Sebesar Rp67,4 Triliun per Maret 2024

Berita Terbaru